Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » SISTEM PERKANDANGAN AYAM KAMPUNG ASLI

SISTEM PERKANDANGAN AYAM KAMPUNG ASLI

Diposting pada 10 October 2017 oleh RachmatSM

Banyak hal yang harus di ketahui oleh calon peternak ayam kampung asli, terutama terkait hal-hal yang mendasar seperti penentuan lokasi usaha, jenis kandang dan peralatan yang di gunakan, pemberian vitamin, dan hal-hal lainnya. Semakin menguasai informasi terkait pemeliharaan ayam kampung asli, maka pemeliharaan akan lebih mudah di lakukan. Pertama mari kita bahas mengenai lokasi kandang.

LOKASI KANDANG

Terkadang para peternak mengenyampingkan perihal lokasi kandang ini. Padahal, lokasi kandang merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Agar usaha nanti berjalan lancar, sebaiknya calon peternak memperhatikan beberapa ketentuan dari lokasi dan lahan usaha sebagai berikut.

 

Jauh dari Pemukiman Warga

Idealnya, lokasi yang digunakan sebagai lahan budi daya ayam kampung asli kampung asli jauh dari pemukiman masyarakat, sehingga limbah dari peternakan tidak menggangu masyarakat sekitar. Bagaimana jika lahan yang dimiliki justru cukup dekat dengan perumahan warga? Perkandangan bias saja berdri berdekatan dengan rumah warga. Hanya saja calon peternak harus memperhatikan manajemen peternakan yang baik, misalnya untuk mengatasi bau dari kotoran ayam kampung asli sudah dipikirkan seedari awal, sehingga kotoran ayam kampung asli tidak mengganggu masyarakat sekitar.

 

Lingkungan yang Baik

Lokasi yang dipilih sebagai lokasi budi daya harus diperhatikan kebersihan lingkungannya, jangan sampai memilih lokasi yang justru berbahaya bagi peternakan. Hindari lingkungan yang dekat dengan tempat pembuangan limbah pabrik dan tempat pembuangan sampah (TPA). Pasalnya, lokasi peternakan yang berdekatan dengan TPA beresiko mengundang penyakit. Terlebih lagi jika lokasi yang digunakan berdekatan dengan tempat pembuangan limbah pabrik, maka lokasi itu jelas sekali bukan merupakan lokasi yang tepat bagi peternakan, karena resiko terkena limbah hasil buangan pabrik cukup besar, sehingga hal ini membahayakan bagi pekerja kandang maupun ayam kampung asli yang dipelihara.

Mudah Diakses

Lokasi tempat budi daya sebaiknya berada di lokasi yang mudah dijangkau dengan alat transportasi, terutama transportasi roda empat. Hal ini dimaksudkan agar peternak ayam kampung asli dapat dengan mudah mengangkut berbagai kebutuhan peternakan dan mengangkut hasil panen.

 

Air Bersih Selalu Tersedia

Ketersediaan air bersih dalam jumlah yang mencukupi tentu merupakan kebutuhan vital. Kebutuhan air mencakup kebutuhan air minum, mencuci berbagai peralatan, dan berbagai kebutuhan lain di peternakan. Kekurangan pasokan air dalam waktu 24 jam dapat mengakibatkan produksi telur menurun hingga dua hari berikutnya. Jika 36 jam tanpa air, bulu ayam kampung asli akan rontok dan produksinya berkurang dalam waktu lama. Karena itu, lokasi yang dipiih harus mempunyai sumber air tanah yang kualitasnya baik dan mudah di peroleh sepanjang tahun.

 

Cahaya Matahari yang Cukup

Selain faktor air, cahaya matahari merupakan faktor yang tidak kalah penting. Lokasi kandang yang cukup terkena sinar matahari dapat membuat kondisi kandang lebih hangatdan mencegah terjadinya kelembapan yang terlalu tinggi, sehingga mampu meminimalisasi serangan penyakit. Selain itu, sinar matahri yang mengandung sinar UV dan vitamin D juga membuat ayam kampung asli lebih sehat.

“Pencahayaan dan ventilasi yang baik”. Dapat meningkatkan kelembapan di dalam kandang sehingga serangan penyakit pada ayam kampung asli bisa diminimalisasi.

 

Keamanan dan Kondisi Sosial Masyarakat

Menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar akan menjadi nilai yang penting dalam usaha budi daya. Terjalinnya hubungan dengan masyarakat di sekitar lokasi usaha akan menjalin rasa saling menjaga. Jika terjadi sesuatu pada peternakan maka masyarakat dengan tangan terbuka akan membantu. Karena itu untuk menjaga harmonisasi dengan masyarakat, sebaiknya peternak ayam kampung asli memberikan sedikit hasil panen kepada masyarakat sekitar peternakan untuk menghindari terjadinya kecemburuan social sehingga hubungan antara peternak ayam kampung asli dengan masyarakat dapat berjalan baik.

 

Demikian paparan mengenai lokasi Kandang, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Terima kasih

Bagikan informasi tentang SISTEM PERKANDANGAN AYAM KAMPUNG ASLI kepada teman atau kerabat Anda.

SISTEM PERKANDANGAN AYAM KAMPUNG ASLI | Jual Ayam Kampung Asli & Halal dari Peternakan Sendiri

Belum ada komentar untuk SISTEM PERKANDANGAN AYAM KAMPUNG ASLI

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan